Sabtu, 10 November 2007

waktu gw SD

waktu SD, mungkin kelas V, kita telah belajar 25 Rasul yang wajib dipercaya. Kemudian kita juga belajar topik, ULUL AZMI : Nabi-Nabi yang menghadapi cobaan sangat berat, ada 5 Nabi :

1. Nuh, dikatakan gila ketika mbangun sebuah bahtera raksasa. Ia ditertawakan, dilecehkan, dilempari dgn kotoran manusia, karena dianggap gila. Ia hadapi air bah yg sangat besar, ia punya istri dan anak yg tak setia dan berkhianat.

2. Ibrahim hadapi cobaan berat dari Ayahnya yg penyembah berhala, Ibrahim pernah dibakar hidup2, pernah harus menyembelih leher anaknya sendiri, pernah harus meninggalkan istri dan anaknya di padang pasir tanpa bekal apapun.

3. Musa, sejak kecil telah dibuang ke kalangan rakyat jelata, dikejar2 penguasa, dalam pengasingan kerja berat sbg pembantu seorang pengembala, menghadapi para penyihir

4. Isa, ketika dikejar2 tentara romawi, dirinya ditukar Allah dgn Yudas,

5. Nabi Muhammad, jangan ditanya ujian yg diterima, diisolasi sampe kelaparan umat dan keluarganya, berperang sampe terluka parah, sampe ada sebagian yg menduga Rasul tewas dalam perang, pernah ada di suatu desa (Yastrib atau Thaib) Rasul dikejar2 org sekampung sambil dilempari batu, sehingga kepala Rasul berdarah.

Jadi yg jadi pertanyaan ku waktu SD itu adalah:
1. apa ujian Nabi Isa, knp dia termasuk dalam golongan Nabi ULUL AZMI. Ketika dia dikejar2 oleh musuh, Allah langsung angkat dia ke Syurga. Yudas yg ditangkap, Yudas yg disiksa, Yudas yg disalib. Apa cobaan berat yg diterima Isa? Nabi Ulul Azmi yg lain emang2 hadapi cobaan berat, knp Isa tidak???

Tidak ada komentar: