Sabtu, 10 November 2007

waktu SMA

Waktu SMA, temen2 ku banyak yg alim, mereka ikut Rohis, pake jilbab besar2, sampe sekarang aku maseh suka bertanya, knapa aku gak pernah diajak pengajian ya? Apa aku memang kuper?

Soale pas aku kuliah di IKIP, ketika ada tugas Praktek Lapangan ngajar di salah satu SMA di Medan, setiap Jum’at diumumkan kepada seluruh anak ce, semua kelas, untuk hadir di Musholla, tuk ikutin pengajian, yg mentornya aktivis Rohis dari salah satu universitas. Jadi ketika co jumatan, ce ngikutin pengajian di Musholla. Nah waktu aku SMA aku gak pernah ikut hal beginian, koq bisa ya?, aku emang kuper kali saat itu ya?

pas bulan Ramadhan, mereka (para aktivis Rohis trsbt) dikirim ke Musholla, Masjid, dan Surau tuk ceramah.

Suatu malam aku taraweh seperti biasa di Masjid deket rumah, dan yg ceramah malem itu Syakni Eka Putra, temen satu kelas di SMA, kelas aku, kelas I1.

Isi ceramah saat itu, yg ku ingat, (redaksinya gak persis sama lo):
Jadi Ibu2 Bpk2 kita harus hati2, ada aliran sesat, Ahmadiyah yg percaya ada Nabi setelah Nabi Muhammad. Nabi yg wajib dipercaya Cuma 25, sedang aliran ini mempercayai ada Nabi yg ke-26. Aliran sesat ini jangan sampai masuk di kampung kita, klw ada, pengikutnya adalah sesat, kafir, kita usir dari kampung kita, seperti kita ngusir babi, ngusir anjing.

SYakni bicara dgn nada mengerikan, menurut aku. Penuh kebencian, emosional, sambil mengepalkan tinju.

Terus terang, aku merasa saat itu wibawa Syakni hilang. Aku gk nyangka seorang Syakni bisa jadi mengerikan seperti itu. Syakni seorang pendiam, rajin sholat, berwajah sejuk. Aku teringat suatu sore, saat hujan tumpah ke bumi, aku, Syakni, dan Hanif pulang sekolah bareng, sambil jalan cepat, sambil lari2 kecil. Suatu ketika ada mobil ngebut mo ngelewatin kami, sedang disamping kami ada kubangan air, ketika mobil itu menabrak kubangan air, kami bertiga kompak loncat tinggi2, sambil tertawa ngakak.

Setelah mendengar ceramah Syakni, aku penasaran, seperti apa sih trsbt? Knp dia disebut kafir sesat? Knp mesti diburu kaya anjing, kaya babi.

Tidak ada komentar: